4 Cara Aman dan Cepat Membuat Susu Formula untuk Bayi

4 Cara Aman dan Cepat Membuat Susu Formula untuk Bayi

Tak hanya balita saja, susu formula juga bisa dikonsumsi oleh bayi terlebih ketika si Kecil tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif. Salah satu susu formula yang aman dikonsumsi oleh bayi ialah susu Nutrilon Royal.

Penyajian susu formula yang baik dan benar penting untuk dilakukan agar tidak menimbulkan keluhan kesehatan pada bayi. Berikut cara aman membuat susu formula untuk bayi.

  1. Bersihkan Botol Susu

Langkah pertama yang harus dilakukan agar susu formula yang dikonsumsi aman ialah memastikan botol susu yang digunakan sudah steril dan terhindar dari bakteri. Cara membersihkan botol susu bayi juga tak boleh sembarangan, harus menggunakan cara-cara yang aman.

Bersihkan botol susu menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Lalu, sikat botol hingga ke seluruh bagiannya dengan sikat khusus. Jangan lupa untuk membersihkan sikat sebelum digunakan, ya. Setelah disikat, kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.

  1. Sterilkan Botol Susu

Setelah dicuci bersih, langkah berikutnya ialah mensterilkan botol susu dengan cara merebus botol susu ke dalam panci berisi air panas tapi tidak mendidih. Pisahkan antara botol, dot dan tutup botol kemudian rendam hingga seluruh bagiannya tertutup air panas.

Lakukan selama lima menit untuk melepaskan zat-zat kimia bekas sabun cuci piring yang menempel pada botol, sekaligus menghilangkan kuman dan bakteri.

  1. Keringkan Botol Susu

Terakhir, diamkan botol susu hingga kering dengan sendirinya. Anda  juga bisa menggunakan tisu untuk mengeringkannya jika segera ingin memakai si botol susu. Namun, jangan mengeringkan botol dengan kain lap, ya. Karena kemungkinan bakteri yang ada pada kain lap akan menempel pada botol.

  1. Cara Penyajian Susu Formula

Setelah membersihkan botol susu dan memastikan botolnya kering, langkah awal menyajikan susu formula ialah cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Lalu, siapkan botol susu yang sudah steril dan kering.

Selanjutnya, rebus air yang hingga hangat atau kurang lebih 70 derajat celcius sebagai air penyeduh bubuk susu. Air hangat akan membunuh bakteri jahat yang ada di dalam susu bubuk.

Baca petunjuk penyajian yang tertera pada kemasan. Karena meskipun mirip dengan penyajian susu formula lainnya, namun hal ini dilakukan sebagai antisipasi kalau ada cara khusus yang harus dilakukan untuk menyeduh susu. Mengingat setiap merek memiliki cara penyajiannya sendiri.

Masukan beberapa sendok susu formula sesuai takaran yang tertera ke dalam botol yang sudah diisi air hangat. Selanjutnya, kocok atau aduk rata susu hingga bubuknya larut dan tidak ada gumpalan-gumpalan.

Setelah itu, dinginkan botol yang sudah terisi susu formula dengan merendamnya dalam mangkuk berisi air suhu ruangan. Setelah dirasa susunya menurun, kemudian keringkan botol dengan tisu. Kini susu formula siap dikonsumsi oleh si kecil.

Jika Anda masih bingung memilih susu formula yang pas untuk bayi, Anda bisa mencoba susu Nutrilon Royal yang kaya nutrisi dan vitamin untuk si bayi. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon hingga 10% dengan pembelian melalui website Orami.

RandalPatrick

Related Posts